Monday, December 06, 2010

Mengukir nada..melukis irama..bersama VOC !!

Engkau yang merasa
ada yang hilang dalam dirimu,
dan sudah seperti tak mengenal
dirimu sendiri,
...Bersedihlah sebentar,
tapi segera sadarilah ini,

Saat terbaik untuk menetapkan
siapa dirimu yang baru,
adalah justru saat kau merasa
sudah kehilangan dirimu sendiri.

Jadilah pribadi yang baru.

Tetapkanlah bagimu rincian sifat
dan sikap baru yang segar,
yang meyakini hakmu untuk
berhasil dan berbahagia.

Mario Teguh

Assalam,,,
Apa kabarnyo, dunia? Ranca' bana....!! (jadi sering sok logat Padang nih. Nda nyambung memang..hehee). Sekali lagi, status fesbuk pamanku, Mario Teguh, kembali mengawali postingan hari ini. Kemarin rasa sedih dan sesak yg menghampiri, diwakili oleh status fesbuk Mario Teguh. Sekarang semoga kalimat motivator dari Mario Teguh yg menjadi pembuka postingan sekaligus pengusir rasa sedih yg menyesakkan ini menjadi do'a bagi ketenangan hatiku. Semoga..dan aku sedang mencoba. Kubiarkan diriku bersedih...hanya sebentar. Kubiarkan rasa sedih itu puas menghantamku, memberiku ruang dan waktu untuk meraba hati dan menelusuri pikiranku, merenung, sebelum kembali bangkit menjadi pribadi baru yg lebih ikhlas dan bersemangat. Aku meyakini hakku untuk berhasil dan bahagia. Aku akan bahagia! (Aamiin)


Okelah..sudah cukup lebay2nya!! Bubar..BUBAAAR!
Ada satpol PP...!!! Bubaaaaarrr!! hehee xD

Hm..Akhir2 ini aku sering diliputi rasa rindu...!!
Kemarin aku merindukan temanku, tapi sayang rasa rindu itu sempat menyesakkanku. Sekarang pun aku rindu. Rindu yg membuatku bersemangat sambil sesekali tersenyum. Sampai rasa2nya aku perlu dirujuk dokter untuk ikut tes kejiwaan karena senyum yg tersungging dengan kelebaran lebih dari 5 jari! (Oh..itu bukan senyum namanya. Tapi nyengir kuda!! Sadarlah, anak muda! hahaa)

Rindu...kali ini aku rindu pada kaum bersuara indah *sasssaaaaah~ballassi anak sastra!! Siapa mereka?? Mereka adalah..TADAAAAAAAAAAAAAAAAA :.: VOC :.: ^_^
JANGAN SALAH PAHAM DULU!
VOC yg kumaksud sangat jauh dari unsur Belanda dan penjajah!! VOC di sini adalah sebuah kependekan dari kepanjangan "Voice Of Culture" (ckckck..mubazirnya kalimatku..) atau bahasa ilmiahnya "Paduan Suara Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin - Voice of Culture". Nyooohoooo...ranca' bana!! xD

MAPPADENDANG MAKKACAPING MAKKELONG-KELONG...~

Tanggal 21 November kemarin, VOC kembali mengukir prestasi dengan meraih juara 3 dan juara favorit pada lomba paduan suara tingkat fakultas yg dilaksanakan di Baruga A.P.Pettarani Unhas. Seperti dejavu, kami menyabet juara 3 dan juara favorit seperti 1 tahun yg lalu saat VOC pertama kali mengikuti lomba paduan suara tingkat fakultas di Unhas! Berikut kutipan informasi yg dituliskan seniorku pada kolom info GRUP VOC di fesbuk :

Paduan Suara FIB-Unhas (Voice of Culture) merupakan kumpulan mahasiswa-mahasiswi fakultas Ilmu Budaya universitas hasanuddin yang menyukai seni musik(seni suara) utamanya paduan suara

Paduan suara ini terbentuk sejak 2005 namun baru benar-benar aktif sejak tahun 2008-hingga saat ini dan telah mengikuti 2 perlombaan paduan suara tingkat fakultas di UNHAS..mudah-mudahan bisa juga ikut perlombaan2 paduan suara yg lain di Indonesia..amin.

Masih ada kalimat yg lebih baku lagi..? hahaa..Tapi gak ada yg kalah baku teks pidatonya Pak SBY. Tokcer dah tuh!! 5 Lembar double folio dengan EYD yg sangat disempurnakan..hehee. Lebayku tawwa...ckckck *peace,om..



Tahun 2008 yg dimaksud di atas, adalah masa saat aku masih jadi mahasiswa baru di Unhas. Pada kegiatan "Ceremony Penyambutan Angkatan HARMONI 2008", aku masuk di kelompok paduan suara. Sedikit info yg gak penting..suaraku biasa2 aja sebenarnya. Mungkin karena kekurangan orang jadi aku dipaksa masuk di paduan suara  (??) hahahahaaa. Hari berganti hari, bulan berganti bulan..masuklah tahun 2009! Saat itu ada lomba paduan suara tingkat fakultas yg diadain di kampus. Kak Evi, seniorku yg baik hati dan tidak sombong (hehee), melakukan ritual perekrutan anggota paduan suara biar fakultas kami bisa ikutan lomba. Awal2nya malas banget ikutan! Eeeh..tahunya lama2 jadi cinta ma kegiatan latihan yg menyita waktu dan tenaga itu! hahahaa ^o^=

Singkat cerita, dengan lagu wajib MARS UNHAS apa HYMNE..aku lupa!!hehee..dan lagu pilihan  "TO MANGLA" (lagu dari Tana Toraja yg bercerita tentang penggembala), VOC mengikuti lomba dan mengantongi piala dan hadiah!! Alhamdulillah...=)

Sudah baju tradisional Toraja nya sederhana...
Sudah makeup nya cuma bedak-an...
Sudah rambutnya cuma dicepol2 gak jelas...
Sudah baju yg dipakai ma temanku, sebut saja Melati, terpaksa disobek dikit biar muat plus selendangnya dijadiin rok dengan kreasi baru... 
(Oh, Tuhan..kasihan K'Alez yg harus tanggung biaya jahitnya!!hahahaa)
VOC bisa juga keluar sebagai juara 3 dan juara favorit!! Prikiittiiiuuww~

Hey..hey..hey...perjuangan masih berlanjut!! 
Lalu, setahun berikutnya, tepatnya hari Selasa, tanggal 31 Agustus 2010 bertempat di Auditorium Fakultas Kedokteran Unhas, VOC kembali mengukir prestasi!! Kali ini dengan menampilkan lagu pilihan "ALU TO MA'LAMBUK" yg ceria dan penuh semangat (lagu dari Tana Toraja juga), VOC berhasil menyabet juara 2....OH, GOD...2, saudara2!! VOC mengalami peningkatan dari setahun lalu, ya kan? Alhamdulillah...THANKS, GOD ^o^

Sudah bajunya CUMA baju kaos bersulam rumah Tongkonan Toraja dan tulisan TORAJA...
Sudah pakai sarung yg warnanya agak pudar...
Sudah gak makeup dan cuma bedakan tipis serta berkucel2 ria karena keringatan...
Sudah paling banyak barang2nya di atas panggung...("ALU" yg sangat berat! ckckck)
VOC bisa tonji keluar sebagai juara 2!! BANZAAAAI!! XD


Berikut beberapa potret VOC pada zaman  itu..#menerawang..memandang langit#


bagian dalam AUDITORIUM FAKULTAS KEDOKTERAN UNHAS


kayaknya aku ada di setiap sisi...ckckkckck


para pendukung FIB...makasih teman2 ^^

pendukung FIB..adik2 Tsuki ^^


PARA PEMENANG!! hehhee

mau sekali ditahuuuu!! :P

VOC DENGAN PIALANYA, di depan Auditorium FK-UH, 31 Agustus 2010 ^^




Dan tibalah saatnya....publikasi momen2 tanggal 21 November 2010!!

Dengan pakaian adat Sulawesi Selatan, BAJU BODO untuk kaum hawa, juga JAS TUTUP+SARUNG untuk kaum adam; properti yg SUBHANALLAH makin meramaikan panggung (alu, bambu, PADI asli!!, beras, bosara' dan kuenya, pattapi' beras, alat musiknya...ckckck); konsep panggung dari Kak Evi dan aransemen lagu  yg sangat keren dari sang pelatih, Kak Obeth; dan lagu pilihan yg (of course udah diaransemen ulang) yg saat itu sedang hits "MAPPADENDANG" (versi Maharani), VOC masih tak lepas dari 3 BESAR!! Manta' mentong~
  
Agak menurun dari bulan Agustus kemarin..tapi kami tetap mensyukurinya, karena kami sempat hopeless juga begitu melihat penampilan kelompok paduan suara lain yg tak kalah bagusnya..hohohoo. Tapi, inilah KAMI, suka tidak suka. Datang tak dijemput, pulang tak diantar! Datang naik angkot, pulang jalan kaki pakai sendal, VOICE OF CULTURE!! :D
ENG..ING..ENG....~

SETELAH MAKEUP @ rumah Pide

BULU MATA PEMBAWA DERITA..sangat berat di kelopak mata kami!ckckkc (ini Echa, bukan aku!hehe)

Nata (yg baju bodo merah) yg paling cakep di sini!! hehe ^^


foto yg kusuka..^_^

foto yg juga kusukai...hasil jepretanku gitu lho! =D
baru tiba di baruga dari FIB.. =)

Latihan di samping baruga sebelum tampil~ (sebelumnya sempat masuk dulu di dalam baruga, duduk2, ngadem..^^)

DIRJEN YG TERBAIK =D

Gladi..gladi..^o^

VOC di atas panggung, di dalam baruga..^3^

GANBAREEEE!! ^o^)/
 
pemain musik&alat musik tradisionalnya.. (keyboard gak masuk hitungan yah!hehe)
THE WINNERS ^3^

PELATIH, VOC, PEMAIN MUSIK @ BARUGA A.P.PETTARANI UNHAS, TANGGAL 21 NOVEMBER 2010


Terima kasih sangad sangad sangad pada Tuhan Yang Masa Esa..atas segala rahmat dan karunia-Nya..
Terima kasih pada pelatih, kak Obeth; dirjen kami yg kreatif, kak Evi; kakak2 pemain musik dari Kosaster, kak Elu, kak Adi, semuanya; kakak2 Caritas, kak Alez dan kawan2..terlalu banyak kasian..hehe; teman2 dan adik2 yg setia mendukung VOC, khususnya seksi dokumentasi (Naje' dan Dhani beberapa diantaranya^^); anggota VOC (yg lama & yg baru); keluarga besar mahasiswa Fak. Ilmu Budaya; dan siapapun meski bukan KM FIB yg turut membantu dan mendukung kami. Hontouni arigatou gozaimashita...^_^

Ala ri dendang..to mappadendang..
mappadendang makkacaping makkelong-kelong..
makkelong andi daeng..to marellau..
ri puang marajae na to pada salama'..
"MENGUKIR NADA..MELUKIS IRAMA..BERSAMA VOC !!"
(hm..kayak iklan sabun colek...ckckckk

lain sekali...INI BUKAN AKU...hehee
Jya,dunia...pengembaraan VOC dalam meraih prestasi belum usai. Tunggu aksi kami selanjutnya! hehe. Dan postingan ini aku dedikasikan pada keluarga V.O.C ku~ ^_^
Sekarang saatnya merangkai mimpi~untuk jadi nyata. Mariki' di..Wassalam,,,



luv,
emma*ygsenangmusiktradisional

No comments:

Post a Comment

say what u need to say.. ^_^