Thursday, September 24, 2020

Setiap kita memiliki Cahayanya sendiri :)

[Setiap Kita Memiliki Cahayanya Sendiri]

Prestasimu, bakatmu, kebisaanmu, tidak mesti harus sama dengan orang lain. Setiap individu itu unik. Kalau wajah saja bisa berbeda-beda, apalagi urusan isi kepala. Nikmati pemberian-Nya yang ada di dalam dirimu. Bakatmu, kesenangan positifmu, kebisaanmu, potensimu, yang mungkin tidak semua orang memilikinya.


Dia jago kimia dan matematika, kamu suka seni dan bahasa. Dia ahli merakit mesin, kamu pandai memasak dan menjahit. Tidak ada yang salah. Selama positif. Kalau kita semua harus sama, lantas dimana letak keunikannya? Bagaimana kita bisa saling melengkapi satu sama lain? Bila semua orang jago matematika, semua orang pandai melukis, berarti tidak perlu lagi ada murid yang diajari matematika dan melukis. Hampa, bukan?

Kamu dan dia berbeda. Tapi setiap keahlian dan potensi bisa menjadi sama bernilainya. Semua orang bisa berprestasi dengan jalan yang dipilihnya. Ada yang keliling dunia karena karya ilmiahnya, ada yang karena hobi yang dia geluti, ada yang karena reward dari perusahaan atas kinerjanya yang baik.  Bermacam-macam orang, tentu ada bermacam-macam jalan. Bahkan keliling dunia karena hafalan Qur'an pun ada, banyak. Menjadi guru dan imam shalat. Menebar ilmu. Ah.. Aku saja mauuu. Kalau kamu mau, kamu pun bisa. Menebar ilmu dan menjadi manusia yang bermanfaat.

Niat akan mengarahkan semua mimpi dan cita. Tak ada yang keliru dengan menjadi berbeda. Jadi cintai dan hargai dirimu. Asah saja segala potensimu. Jaga niat dan semangat. Dan berkaryalah sebanyak yang kamu mau. Jangan menutup hati dari saran dan nasehat. Peluk segala nasehat yang bisa membuatmu menjadi lebih baik. Semoga kelak bakat dan kesukaanmu semakin terarah, lebih baik, bermanfaat tidak hanya untuk dirimu tapi juga orang banyak.

Mungkin kelak ada jalan berbeda akan kamu tempuh, tak kamu sangka sebelumnya, berawal dari rencana dan impian yang sekarang kamu pilih. Jalani saja. Itu surprise dari Allah Yang Maha Mengetahui segala yang terbaik. Bukankah muara segala pengharapan dan tujuan adalah Allah? Impian boleh segudang, biarkan Allah yang menentukan mana yang terbaik untuk dijalani.

Tidak perlu bersaing dengan orang lain. Nanti lelah. Berkolaborasi tentu lebih menyenangkan. Jadilah lebih baik dalam segala hal positif dari dirimu yang dulu.

Jalani peranmu sebagai hamba terbaik dengan cara dan langkah yang akan selalu diarahkan-Nya.

Kamu hebat. Kamu unik. Kamu memiliki cahaya dan biarkan cahaya itu bersinar semakin terang!

- Rahmah Alhasnah

Illustrator Hokizora dan Henna artist Rahmah Mehendi Art, yang senang menulis😊

**

#catatanrahmah #rahmahalhasnah 

*Menulis untuk mengingatkan diri💛

No comments:

Post a Comment

say what you need to say & be kind :)