Sunday, April 12, 2009

Movie : SLUMDOG MILLIONAIRE



Slumdog Millionaire
Sutradara : Danny Boyle, Loveleen Tandan
Produser : Christian Colson
Penulis : Simon Beaufoy, Vikas Swarup (novel)
Pemeran : Dev Patel, Freida Pinto, Anil Kapoor, Irrfan Khan, Tanay Chheda, Saurabh Shukla, Mahesh Manjrekar
Musik oleh : A. R. Rahman
Sinematografi : Anthony Dod Mantle
Penyunting : Chris Dickens
Distributor : Fox Searchlight Pictures, Warner Bros. (AS), Pathé (Intl.)
Tanggal rilis : 12 November 2008
Durasi : 120 menit
Negara : Britania Raya
Bahasa : Inggris, Hindi

Dengan mengangkat kisah seorang anak miskin yang besar di lingkungan kumuh (slum) di daerah Mumbai, India, yang mendadak menjadi kaya setelah mengikuti quis Who Wants to be a Millionaire? Versi India, Slumdog Millionaire yang disutradarai Danny Boyle berhasil meraih banyak penghargaan pada ajang bergengsi seperti Piala Oscar (hingga 8 penghargaan), Bafta Award, dan award lainnya. Dikabarkan keuntungan yang berhasil diterima film yang dibintangi aktor muda India Dev Patel, aktris Freida Pinto, dan aktor senior Anil Kapoor ini mencapai 61 juta dolar Amerika dengan hanya modal 15 juta dolar Amerika. Pertama kali ditayangkan di Inggris, tanggal 12 November 2008. Disusul penayangan di Mumbai pada tanggal 22 Januari 2009. Film yang sangat menarik. Tidak seperti kebanyakan film India yang dibanjiri lagu, gaya hidup modern, dan pemandangan indah luar negeri. Film yang bertajuk “Sang Gembel Milyarder” ini mampu memberikan nuansa berbeda dengan kekuatannya sendiri!




Jamal (Dev Patel) and Latika (Freida Pinto)...~

Film yang diangkat dari novel buah tangan Vikas Swarup ini diawali dengan penyiksaan oleh seorang polisi terhadap seorang pria muda bernama Jamal Malik (Dev Patel). Jamal adalah kontestan Who Wants to be a Millionaire? yang berhasil melangkah ke babak paling akhir tanpa kesulitan yang berarti. Prem Kumar (Anil Kapoor) sebagai pembawa quis ini merasa ada yang tak beres dengan Jamal. Dengan tuduhan melakukan kecurangan, Jamal di bawa paksa pihak kepolisian untuk diinterogasi dan disiksa, sebelum ia mengikuti quis terakhir di keesokan harinya. Dari interogasi inilah Jamal mengemukakan bagaimana ia bisa menjawab seluruh pertanyaan dengan benar. Waw..Sangat mengejutkan...

Dengan alur maju mundur yang disusun apik, film ini berhasil menarik perhatian penonton, contohnya saja DIRIKU INI! Menonton film ini membuatku ingin (rasanya) membuat karya berbentuk film sebagus ini…Film yang indah!! Maklum, aku bukan seorang yang ahli di dunia film, kritikus film juga bukan. Aku cuma penonton biasa yang bisa takjub dengan film manapun. Jadi sulit bagiku untuk mengungkapkan detail film secara cerdas. Hehehee. Yang jelas, Slumdog Millionaire mendapat 4 THUMBS UP dariku (pinjam jempol tetangga..hehe)!
Nonton deh....!!!!
Jya ne~^^v

No comments:

Post a Comment

say what u need to say.. ^_^