Wednesday, August 18, 2010

Twilight. New Moon. Eclipse. Breaking Dawn. and my world~

Assalam,,,
Konbanwa~
Sejak seminggu sebelum puasa aku disibukkan dengan hal yang udah lama ada tapi baru aku lirik keberadaannya. Apa itu? Baca seri Twilight!! Sejak menonton Eclipse, aku jadi agak penasaran dengan kisah detail dari novelnya. Jadi tanpa berlama-lama, layaknya Edward dikala haus, berburu seri inilah aku!!

Mari kita flashback sebentar...
Saat itu masih musim liburan. Aku lebih sering berdiam di kamar, asyik dengan dunia sendiri. Kadang2 memang ke kampus, tapi kalo sedang ada keperluan seperti bayar spp atau ngurus krs yang rada ribet itu. Saat di rumah, aku suka nonton film (mungkin karena kondisi keyboard laptop kakakku masih kurang bagus dan aku jadi gak bisa ngetik-ngetik, aku nyari kesibukan lain dengan nonton film pake dvd player atau pake laptop itu..hahahaa), entah itu kaset sewaan, dvd bajakan baru beli :p, atau film hasil copyan dari teman. Selama beberapa minggu aku betah melahap film, ada yang bagus ada yang biasa aja. Dan kebetulan ada copyan film Twilight dan New moon dari teman. Aku nonton deh. Bahkan sampe beberapa kali alias diulang-ulang, padahal udah nonton di bioskop juga tahun2 kemarin. Sambil mengingat-ingat film Eclipse yang aku nonton di bioskop akhir Juli lalu bareng Isna, Sera, Nurul, timbul rasa penasaran dengan kisah vampir vegetarian ini. Aku udah nonton filmnya, tapi sama sekali belum membaca kisah dari novelnya yang menurutku lebih detail dan asli, padahal nama Twilight itu udah gak asing di telingaku sejak jauh2 hari..(aku nya saja yang MALAS MEMBACA!!<-- baru lihat bukunya dari jauh aja udah malas, TEBAL SKALI!!)hehee Lalu suatu hari, tanggal 6 Agustus, setelah makan siang di Coto Paraikatte dekat kampus, aku dan Chakie, Naje, Linda pergi ke TB.Snoopy yang gak jauh dari tempat kita makan. Aku udah kepengen skallliiii baca novel Stephenie Meyer itu!! Mungkin karena udah BOSAN NONTON kali yah?? Film2ku juga udah habis...! Perlahan tapi pasti..satu per satu bukunya mulai dari Twilight sampe Eclipse aku lahap dalam waktu yang lumayan singkat. Bersusah susah bolak-balik kampus-Snoopy cuma buat pinjem dan kembaliin novel, uangku habis di transport deh kayaknya (tapi..it's ok lah..demi memuaskan rasa penasaran~). Aku baca tanpa gangguan. Padahal kalo dipikir2 tebal juga...Kakakku aja sempat bilang "apa itu? Alkitab?" saking 'lumayan' tebalnya.



Aku, kalo udah baca buku (komik atau novel) dari hasil sewaan atau pinjeman, biasanya gak mau beli lagi. Kecuali kalo aku okanemochi alias orang kaya yang bingung mau hambur-hamburkan uang dengan cara apa! Mungkin semua yang udah kubaca bisa aja aku beli buat sekedar dijadiin koleksi. Berdebu di rak buku. Tapi berhubung aku biasa2 saja (mau bilang miskin juga gak apa2..XD), jadi ada rasa sayang kalo uangnya dipake lagi untuk beli buku yang kebetulan udah dibaca. Nah, dan khusus untuk seri ke-4 Twilight Saga ini, aku memutuskan untuk membeli sendiri! Alhamdulillah..dengan uang yang tadinya mau dipake beli nomor AS baru plus uang hasil menabung tiba-tiba plus pinjaman duit Sera saat ternyata harga buku ini lebih mahal dari yang kuperkirakan sebelumnya [kebetulan dia ikut ke Grahamedia nya Mtos..hehehe], maka novel Breaking Dawn bisa ada di tanganku dengan selamat sentosa!! Sangat menyenangkan membaca novel ini diiringi soundtrack Twilight dan New moon, Bella's lullaby dan All I Believe in-nya The Magic Numbers. Yokatta naaaa~
Gila...mahal juga ni buku...emang harga buku lagi pada naik ya..?? ckckckckck


novel Breaking Dawn-ku yang telah dibungkus rapi dengan plastik bening oleh Anko, temanku. "THANKS, AN!!" ^///^v


OH MY GOD! Betapa terlambatnya aku menyadari tetralogi buah tangan Stephenie Meyer ini!! [yang ingin membaca sekilas info mengenai Stephenie Meyer bisa klik di sini!!]. Orang2 mungkin sudah baca novelnya sejak tahun-tahun kemarin, sedangkan aku? Baru menamati ke-4 seri ini kemarin, dengan rekor Twilight : 3 Hari tamat, New Moon : kurang dari 3 hari tamat, Eclipse : kurang dari 3 hari tamat, dan Breaking Dawn : butuh lebih dari 3 hari untuk menamatkannya karena aku merasa tidak perlu terburu-buru untuk membacanya. Kenapa tidak perlu terburu-buru? Karena hanya Breaking Dawn yang aku beli dengan uang sendiri dan sah menjadi hak milikku, sedangkan 3 seri sebelumnya...NYEWA di TB.Snoopy dekat kampus!!hehehe




cover novel Twilight versi original (atas), versi Indonesia (bawah)~dan aku suka cover New moon dan Breaking Dawn versi Indonesia karena sesuai skali dengan isi ceritanya!!


Menurutku, diantara tetralogi ini yang kisahnya paling sering membuat wajahku panas sambil geleng-geleng kepala karena membacanya adalah Eclipse. Eclipse agak lebih 'dewasa' dibanding Twilight, New Moon, dan Breaking Dawn. Adegan romantis tokoh2 utama ini ditulis begitu jelas. Maklum aja..Twilight Saga ini BUKAN novel religi..hehee. Budaya yang ada di dalamnya jelas jauh berbeda dengan budayaku. Benar2 kisah kehidupan remaja Amerika deh. Dan kisahnya memang diperuntukkan untuk remaja.

Twilight itu menceritakan saat2 pertemuan Edward dan Bella. Kisah cinta pertama dua makhluk berbeda dunia. New moon bercerita tentang Bella yang patah hati karena ditinggal Edward yang memiliki alasan sendiri mengapa harus meninggalkan Bella. Dan di New moon ini, Stephenie Meyer melukiskan perasaan sakit 'hati' yang betul2 dalam!! Istilah kasarnya "lebay". Tentang kesakitan yang disembuhkan oleh cinta yang baru. Eclipse adalah masa2 dimana Bella dan Edward kembali bersatu dengan pengorbanan Jacob. Kisah di dalamnya 'lebih dewasa' (nonton aja filmnya..banyak adegan romantis yang menurutku gak perlu dilama-lamain tapi nyatanya lama juga!). Dan Breaking Dawn adalah "awal yang baru". Kisah yang paling kusuka sebenarnya. Tapi tetap harus berhati-hati. Dalam buku memang kontak fisik Edward dan Bella gak diceritain secara eksplisit (gak kayak di Eclipse, yang 'terang benderang'..ckckck), tapi ada scene bulan madunya di sini yang pastinya kalo di film dilukiskan dengan detail! Jaga mata..jaga mata..>,< Bagi yang belum tahu benar tentang tetralogi ini, aku kasih sedikit bocoran jalan cerita berdasarkan novelnya, nemu di wikipedia pastinya...^^. Bagi yang udah tahu jalan cerita tetralogi ini, silahkan skip bagian ini. Langsung lirik ke bagian bawah aja! ada tempat donwload e-book tuh..hehe

TWILIGHT

Bella Swan (Kristen Stewart) baru saja pindah dari Phoenix, Arizona yang mayoritas bercuaca panas ke Forks, Washington yang mayoritas cuacanya hujan untuk tinggal bersama ayahnya, Charlie, setelah ibunya, Renée, menikah dan tinggal bersama suami barunya, Phil, seorang pemain bisbol. Setelah pindah ke Forks, Bella akhirnya tertarik pada seorang pemuda misterius yang tampan, yang merupakan teman sekelasnya di pelajaran Biologi, Edward Cullen (Robert Pattinson), yang ternyata merupakan seorang vampir vegetarian (vampir yang meminum darah hewan, bukan manusia). Edward mempunyai kemampuan seperti halnya vampir yang lain (kuat, cepat, apabila terkena matahari langsung maka tubuhnya berkilauan dan pada saat tertentu matanya dapat berubah warna)selain itu edward juga mempunyai sebuah bakat untuk dapat membaca pikiran orang lain.tapi dia tak mampu membaca pikiran bella. Pada awalnya, Edward berusaha menjauhi Bella karena Edward selalu merasa tergoda jika menghirup aroma darah Bella. Akan tetapi lama kelamaan akhirnya Edward dapat mengatasi masalah tersebut dan kemudian mereka pun jatuh cinta satu sama lain, yang membuat sekolah membicarakan mereka. Suatu ketika, Bella diajak untuk melihat keluarga Cullen bermain bisbol. Tanpa disangka, tiba-tiba datanglah sekelompok vampir nomaden yang terdiri dari James (vampir dengan bakat melacak), Victoria (vampir dengan insting melarikan diri yang luar biasa hebat dan merupakan pasangan dari James), serta Laurent. Begitu bertemu dengan Bella, James sudah mulai mengincar darah Bella. Semua anggota keluarga Cullen bersatu untuk menyelamatkan Bella. Bella melarikan diri ke Phoenix, Arizona bersama Alice (vampir dengan bakat melihat masa depan) dan Jasper (vampir dengan bakat mengendalikan perasaan di sekitarnya dan merupakan pasangan dari Alice). Saat kabur ke Phoenix, Bella dijebak oleh James. Untungnya Edward dan keluarganya segera menyadari hilangnya Bella dan segera bergegas untuk pergi menyelamatkan Bella. Edward tiba tepat pada waktunya dan berhasil menyelamatkan Bella, setelah itu mereka segera kembali ke Forks dan mengikuti acara prom yang diselenggrakan oleh sekolah mereka.

NEW MOON

Edward dan keluarganya meninggalkan Forks karena Edward percaya bahwa mereka dapat menempatkan Bella dalam bahaya.Edward memberi alasan bahwa dia tidak mencintai bella lagi dan berharap agar gadis itu melupakan cintanya pada edward. Bella jatuh dalam depresi berat, sampai akhirnya ia menemukan sahabat baru yang merupakan seorang werewolf, Jacob Black. Jacob dan werewolf lain dari sukunya harus melindungi Bella dari Victoria, vampir yang berusaha membalas dendam akibat kematian pasangannya, James, dengan berusaha membunuh Bella, yang merupakan pasangan Edward Cullen yang telah membunuh pasangannya. Akibat suatu kesalah pahaman, Edward menyangka Bella sudah meninggal karena bunuh diri(Bella terjun dari tebing untuk mencari kesenangan). Edward pun memutuskan untuk menyusul Bella(edward pernah berkata bahwa dia tak bisa hidup jika bella tak ada) dengan meminta agar dirinya dibunuh oleh keluarga Voltury yang merupakan hakim di dunia vampir, tapi kemudian dihentikan oleh Bella dan Alice yang menyusul Edward ke Voltera, Italy. Mereka dipaksa menghadap klan voltury (Aro, Marcus, Caius), Voltury marah karena Bella terlalu banyak tahu tentang kehidupan vampir sedangkan dia sendiri adalah makanan yang sangat menggoda bagi para vampir. Berkat bakat Alice yang melihat bahwa Bella akan menjadi seperti mereka di masa depan, mereka pun bisa dibebaskan. Tetapi Voltury akan secepatnya mengecek keberadaan Bella sebagai vampir, kalau tidak seluruh keluarga Cullen pun terancam dihukum.Bella (yang sejak pacaran dengan Edward berharap diubah menjadi vampir)pun menyanggupinya dengan voting meminta persetujuan dari keluarga Cullen (yang telah kembali ke Forks).

ECLIPSE

Victoria, vampir yang dendam terhadap Bella pun berkeliaran di Forks untuk mencari celah membunuh Bella. Dia pun membuat suatu pasukan "vampir baru" untuk membantunya melawan Keluarga Cullen dan membunuh Bella. Sementara itu, Bella harus memilih antara hubungannya dengan Edward atau persahabatannya dengan Jacob(karna ternyata jacob cinta juga pada bella). Keluarga cullen dan Geng werewolf Jacob terpaksa bekerja sama untuk memusnakan vampir-vampir baru buatan victoria.Sehingga mereka sukses membasmi Victoria beserta pasukkannya. Jacob pun marah mengetahui pilihan Bella yang memutuskan menjadi vampir.Dia berusaha menyakinkan bella bahwa Bella itu juga mencintainya meskipun tidak sebesar cintanya kepada edward.namun bella menyadarkannya bahwa bella tidak akan sanggup hidup tanpa edward disisinya. akhirnya dengan berat hati ia merelakan hubungan Edward dengan Bella dan untuk beberapa saat dia pergi jauh dari hidupnya Bella.

BREAKING DAWN

Bella dan Edward menikah, tapi bulan madu mereka terpotong setelah Bella mengetahui bahwa dirinya hamil. Kehamilannya berjalan amat cepat dan membuat Bella menjadi lemah. Ia hampir meninggal saat melahirkan putrinya yang setengah manusia dan setengah vampir, Renesmee(diambil dari nama Renee dan Esme), tetapi Edward menyuntikkan racunnya langsung ke jantung Bella sehingga berubah menjadi seorang vampir. Irina, vampir dari clan Denali tanpa sengaja melihat Renesmee dan Jakob saat dia berada di Forks. Lalu ia pun menyangka Renesmee sebagai "immortal child"--anak yang diciptakan oleh vampir.( Dalam dunia vampir, penciptaan anak-anak vampir sangat dilarang demi menjaga kerahasiaan mereka ). Kemudian Irina melaporkan hal tersebut langsung kepada Klan Volturi. Merasa was-was, Keluarga Cullen pun mengumpulkan vampir-vampir yang dapat menjadi saksi bahwa Reneesme bukan "immortal child". Berkat daya tarik Renesmee yang membuat semua vampir terpikat dan didukung dengan kemampuannya memperlihatkan semua yang ia alami hanya dengan menyentuh, maka mereka (para saksi) pun mengerti dan mau mendukung keluarga Cullen. Selain itu, sebagian dari mereka rela bertarung di pihak Cullen kalau diperlukan. Alice yang pergi bersama dengan Jasper pun kembali tepat pada saat Klan Voltury mulai menyerang Keluarga Cullen dan saksi-saksinya. Ia membawa bukti hidup keberadaan vampir sejenis Renesmee. Disaat yang sama, kekuatan Bella sebagai perisai adalah penolong kelompok Cullen karena menangkis segala serangan yang dilancarkan oleh Jane dan Alec. Dengan bukti hidup itulah keluarga Cullen dibebaskan dan hidup tenteram selama-lamanya.

Dalam novel ini sudut pandang sempat beralih kepada sudut pandang Jacob, yang menceritakan bagaimana kehidupan Jacob saat menemani Bella yang sedang sekarat dan bagaimana dia bernafsu membunuh Renesmee yang menurut Jacob telah membunuh Bella tetapi akhirnya Jacob malah mencintai Renesmee dan melindunginya mati-matian.

======================


salah satu poster buatan fans, nemu di google ^_^ [Cute Renesmee..]


Keluarga Cullen [Emmet, Rosalie, Esme, Edward, Carlisle, Alice, Jasper]


pasangan favoritku di serial Twilight, Alice Cullen dan Jasper Hale


dr.Carlisle Cullen [sangat mengagumi karakter yang satu ini!! bapak2 tampan yang sangat baik hati...^///^]


Nah, aku sempat download e-book tetralogi Twilight dari salah satu situs di internet. Lupa situs mana saja, coz terlalu buuuaaanyyaaaakk website yang kuobrak-abrik dalam rangka berburu e-book (baca ulang gratis, gak perlu nyewa atau minjem punya teman lagi~hohohoo). Aku dapat beberapa, ada yang versi Indonesia, ada yang versi Inggris. Mau e-book Twilight versi Indonesia? Silahkan cek link di bawah ini:

E-book Twilight versi Indonesia
Twilight part 1
Twilight part 2
Twilight part 3
aplikasi buat baca ---> di sini!!

Nah, yang ini..e-book seri lengkap Twilight VERSI INGGRIS!!
Twilight
New Moon
Eclipse
Breaking Dawn

Plus e-book MIDNIGHT SUN, kisah Twilight dari sudut pandang Edward Cullen (versi berbahasa Inggris!!)
*nemu di sini... :D

Jya, sekian dulu postingan ini. Udah sangat banyak kayaknya...hehee. Wassalam,,,


luv,
emma hale cullen (anak Alice ma Jasper ceritanya :p)

1 comment:

  1. dimana saya bisa mendapatkan sei lengkap buku dan kaset DVD Twilight-breaking dawn part 2 ya ?? karena disetiap film tersebut mempunyai kenangan tersendiri untuk saya..trims

    ReplyDelete

say what u need to say.. ^_^