Wednesday, August 19, 2020

Asrinya Universitas Hasanuddin :)

Suatu malam di Jepang, host familyku bertanya banyak hal. Salah satunya tentang kampus tempatku menempuh pendidikan di Indonesia. Kujelaskan pada mereka tentang Unhas (Universitas Hasanuddin) di Makassar.


Bapak hostfam mencari lokasi kampusku via gmaps dengan laptop. Dizoomlah gambar bumi, menuju peta Indonesia, lalu ke Pulau Sulawesi, mengerucut lagi ke Makassar. Di gmaps itu banyak tulisan latin dan tulisan jepang😁. Kusebut nama kampusku sambil menunjuk area sekitar jl. Perintis Kemerdekaan. Didapatlah lokasi Unhas. Dan hostfamku takjub melihat area Unhas yang begitu asri karena dipenuhi dengan pepohonan.



"Midori ga ooii desu ne" katanya, yang berarti "banyak pepohonan/area hijau ya".

Mereka pun takjub dengan luas area kampus. Mereka mencari dimana posisi Fakultas Ilmu Budaya juga.


Senang rasanya malam itu bisa memperkenalkan kampusku kepada hostfam. Ngobrol banyak hal juga lho. Beda-beda tema, termasuk tentang penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Islam😁, meski ngobrolnya dengan bahasa Jepang dan Inggris yang sederhana. Hehe


Masyaallah. Memang Unhas adem sih😊. Banyak pohon besar rindang. Ada danau. Saking luasnya, sampai ada mobil angkot khusus yang mengitari jalan besar di dalam area kampus. Kalau pagi dan sore area jalan dan lapangan ramai dengan orang jogging dan olahraga (sebelum pandemi lho!). Saking banyaknya area adem, cocok juga dipakai camping, pasang hammock, meeting, gelar kajian, atau sekadar nongki-nongki biasa. Tapi sebenarnya tuh dilarang bikin kegiatan khusus tanpa izin lho😆. Areanya sering jadi spot foto. Sekarang udah mulai nampak hasil renovasinya di beberapa area. Alhamdulillah makin cantiklah Unhas hingga areanya makin laris jadi spot ngumpul dan foto, termasuk bagi warga luar Unhas (bukan warga/mahasiswa Unhas).


Unhas itu teduh. Aku berharap gak ada lagi yang merusak fasilitas kampus. Terlalu disayangkan kalau uang udah dipakai membangun fasilitas, malah dirusak. Seharusnya kita rawat kan!

Kampus Unhas memang belumlah sempurna. Belum semodern kampus lain, apalagi kampus di luar negeri dengan teknologi canggihnya. Masih ada kekurangan. Namun pelan-pelan bisa berbenah. Kampus yang layak dijaga.


Btw, di masa pandemi kampus libur dan ada mobil polisi yang rajin berpatrol untuk meminta orang-orang gak ngumpul di Unhas termasuk di area danau😁. Taati aturan ya, good people😊.


Berikut beberapa spot di area dekat danau Unhas yang aku potret..












#emmakizora #rahmahalhasnah #unhas #beautifuldestination #lake #danauunhas #nature #naturelovers

No comments:

Post a Comment

say what you need to say & be kind :)